Rabu, 19 Maret 2014

Masa Golden Age yang (mungkin) Hilang

Hari ini (19/3) Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG) Sekolah Peradaban Serang mengadakan seminar pengasuhan dalam rangkaian Peradaban Festival. Bertempat di aula RS Sari Asih Serang, seminar tersebut dihadiri lebih dari 200 orang.

Menghadirkan Munif Chatib, trainer dan penulis buku-buku best seller Sekolahnya Manusia, Gurunya Manusia dan Orangtuanya Manusia. Pak Munif juga merupakan salah satu tim yang menggodok kurikulum pendidikan nasional.

Menyimak pemaparan beliau, saya seperti ditampar berkali-kali. Permasalahan yang disinggung adalah golden age anak-anak. Mata saya nanar mengingat betapa golden age anak-anak kami tak seluruhnya terlewati dengan baik dan benar.

Ada banyak saat-saat hilang begitu saja karena kekurangtanggapan kami, khususnya saya. Ini bukan ilmu baru, ke mana kami selama ini? Tak ada waktukah untuk memburu informasi seluas-luasnya tentang pengasuhan anak?

Berdasar presentasi Munif Chatib, pondasi kuat kehidupan anak-anak seharusnya dibangun di masa 0-8 tahun sebanyak 80%. Selebihnya tersisa 20% hingga dewasa, saat mereka bertumbuh sendiri.

Saat menuliskan ini, saya sedang menunggui dua anak terkecil (9 dan 10 tahun) yang sedang mengikuti test kenaikan tingkat di sebuah kursus bahasa Inggris. Ini salah satu yang kami kejar dalam 80% yang telah anak-anak lewati. Terlambatkah kami? Mungkin tak sesempurna prosentase di atas, tapi kami akan mengejar ketertinggalan.

Untuk salah yang kami lakukan karena ada saat tidak tanggap kreativitas anak. Atau kesibukan yang menyita waktu hingga letih membuat kami memilih tidur daripada menanggapi cerita mereka. Hingga saat kami berdua bepergian karena pekerjaan dan meninggalkan anak-anak berhari-hari. Dan barangkali ada saat hati mereka menjadi sunyi. Maafkan kami, nak. Maafkan jika kalian merasa sendirian, bahkan saat kita berkumpul bersama.

Untuk mengembalikan masa kecil memang tak mungkin. Tapi selalu ada yang dapat dilakukan demi membayar kehilangan dengan perhatian, waktu, tenaga, materi dan doa yang berlipat-lipat. Jika tak dapat mengubah masa kecil, semoga usaha kami ini dapat melapangkan jalan kebaikan kalian menuju dewasa.

Kadang saya pikir, saat ini kami sedang mengisi masa keemasan sebagai orangtua. Semoga, kami tak pernah melewatkan golden age ini.

Serang, 19 Maret 2014

@tiastatanka



+62-81906311007
"Rumah Dunia"
Komplek Hegar Alam 40 Serang 42118 - Banten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar